MENJELAJAHI MASAKAN KHAS PADANG !

Masakan yang satu ini, tentu kalian sudah mengenalnya. Pasalnya makanan yang sudah merebak ke seluruh dunia ini tak asing lagi di pendengaran kalian. Ya, masakan khas padang dari sumatera barat ini tentu familiar bukan ? beragam masakan khas yang terkenal ini tentu ada disetiap provinsi di Indonesia ini. salah satunya nasi padang, rending, sate padang dan masih banyak lagi. Masakan ini bahkan ada di luar negeri dengan membuka gerai tersendiri loh? Wah menarik bukan ? tapi pada kesempatan kali ini, kita tidak akan membahas seluruh masakan padang. Sebab kita akan mengulik satu makanan khas padang yang mendunia ini loh, yaitu RENDANG. Pengen tau cerita tentang masakan yang satu ini? yuk simak ulasan berikut.

Rendang merupakan makanan khas padang. Perpaduan rempah-rempah ini membuat cita rasa rending ini menjadi ciri khas ditempatnya. Asal usul rendang merupakan berawal dari masakan kari yang diperkenalkan saudagar india. Nah bumbu kari ini hamper sama digunakan dalam membuat rendang. Tapi kari identic dengan kuah sedangkan rendang tekstur kering dengan bumbu rempah yang banyak. Selain itu banyak yang tidak tau bahwa Rendang juga sudah ada dari abad le-16. Adapun asal usul kata rendang berasal dari kata “merandang yang memiliki arti memasak makanan bersantai sampai perlahan kering. Nah faktanya, masyarakat sumetara barat sering melakukan hal tsb, guna menyimpan makanan agar bertahan cukup lama.

Adapun proses dalam pembuatan rendang ini cukup memakan waktu lama dan cara yang begitu detail. Pasalnya dalam proses pembuatannya cukup memakan waktu sekitar lima jam. Daging sapi dengan perpaduan rempah-rempah ciri khas Minangkabau ini dimasak hingga kering dilumuri bumbunya. Rempah-rempah pada makanan khas padang ini tentu memiliki cita rasa dan keunikan sendiri, sebab bumbu rempah yang terbuat memang khas dari padang mungkin sedikit sulit ditemukan ditempat lain. Cita rasa pedas merupakan salah satu kunci dari rempah masakan ini loh. Selain itu, fakta menarik lainnya masakan rendang ini tentu berbeda dengan kalio ya. Kalio merupakan berbahan dasar daging sapi, sama hal nya seperti rendang akan tetapi, kalio ini berkuah. Banyak loh yang salah mengira bahwa kalio dan rendang itu sama.

Fakta menarik lainnya, rendang pernah masuk daftar masakan terenak di dunia loh pada tahun 2019 lalu. Pasalnya cita rasa rendang di mata dunia memiliki khas yang berbeda, dan rasa pedas dari perpaduan bumbunya tentu melekat di lidah yang mencobanya. Itulah sebabnya mengapa rendang masuk daftar masakan terenak di dunia. Selain itu bagi pecinta makanan rendang ini, sebagian dari masakan ini tentu ada manfaat nya loh. Masakan rendang ini selain lezat dan nikmat juga kaya akan kalsium, fosfor, dan zat besi. Bahan dasar bumbu-bumbu rempahnya juga dapat menangkal penyakit loh. Wah selain enak bermanfaat lagi! Jadi kepengen untuk mencobanya kan?

Nah, selain akan manfaat, rendang juga berbahan daging sapi yang tentunya kalian tidak boleh sering-sering mengkonsumsi. Terutama kalian pengidap kolesterol. Pasalnya daging sapi merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Jadi, bagi kalian pecinta rendang boleh-boleh saja memakannya tapi ingat akan kolesterol juga yah!

Begitulah kisah menarik tentang masakan rendang khas sumatera barat ini. kalian tertarik untuk mencobanya ? yuk kalian bisa temuin di gerai makanan khas padang atau kalian bisa langsung mencoba membuatnya.